Monday, April 6, 2009

Pembuluh Darah

Pembuluh darah adalah saluran khusus utuk mengalirkan darah. darah merupaka cairan dalam pembuluh darah yang beredar keseluruh tubuh mulai dari jantung da kembali ke jantung. Darah mengalir dalam pembuluh yag elastis(arteri, kapiler dan vena) dan akan kembali lagi ke jantung tanpa menigglakan sistem pembluh yang disebut sebagai sistem sirkulasi tetutup.
Oleh karena itu jantug tidak pernah istirahat untuk berkonstraksi dan memenuhi kebutuha tubuh, maka jatung membutuhkan darah yag lebih bayak dibandingkan dengan organ yang lain. Aliran darah untuk jantug diperoleh dari arteri koroer kanan dan kiri. Kedua arteri koroer ini keluar dari aorta kira-kira 1/2 inchi di atas katup aorta dan berjalan dipermukaan perikardrium. Lalu bercabang menjadi arteriol dan kapile ke dalam dinding venikel. Sesudah terjadi
pertukaran O2 dan CO2 di kapiler, aliran vena dari vetrikel dibawa melalui vena koronaria dan langsung masuk ke atrium kanan dimana aliran darah vena dari seluruh tubuh akan bermuara.
Sirkulasi darah ditubuh ada dua yaitu sirkulasi paru da sirkulasi sistemis. Sirkulasi paru dimulai dari venikel ke arteri pulmoalis, arteri besar dan kecil, kapiler lalu masuk ke paru, setelah dari paru keluar melalui vea kecil, vena besar, vena cave interior, vena cava superior akhirnya kembali ke atrium kanan.
Sirkulasi sistematis dimulai dari vetrikel kiri ke aorta lalu ke arteri besar, arteri kecil, keseluh tubuh lalu ke venule, vena kecil, vena besar, ven cava interior, vea cava superior dan akhinya kembali ke atrium kanan.
Sirkulasi sistematik mempunyai fungsi khusus sebgai sumber tekanan yang tinggi da membawa oksigen ke jaringan yag membutuhkan. Pada kapiler terjadi pertukara antara O2 dan CO2 dimana pada sirkulasi sistematis O2 keluar dan CO2 masuk dalam kapiler, sedangkan pada sirkulasi paru O2 masuk dan CO2 keluar dari kapiler. Volume darah pada setiap pada setiap ompone sirkulasi berbeda-beda, 84% dari volume darah yang pada tubuh terdapat pada sirkulasi sistematis, 64% pada vena, 13% pada arteri dan 7% pada arteriol da kapiler.

2 comments:

  1. artikelnya sangat membantu :)
    anatomi,histologi,embriologi pembuluh limfe ada jg ga mas?
    makasi sblumnya :)

    ReplyDelete
  2. Untuk saat ini masih akan saya usahakan.
    mohon maaf karena terlambat membalas koment anda.

    ReplyDelete